Tata Cara Shalat Tahajud

By at 13 October, 2009, 12:35 am

tahajud

Sholat Tahajud adalah sholat malam (sholatullail). Bila kita dapat senantiasa melaksanakan sholat ini, niscaya kita akan selalu dekat dengan Alloh Swt. dan dimudahkan segala keinginan dan hidup kita.

Rosulullah SAW bersabda:
“ Sesungguhnya pada waktu malam ada satu saat ( waktu. ). Seandainya seorang Muslim meminta suatu kebaikan didunia maupun diakhirat kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan memberinya. Dan itu berlaku setiap malam.” ( HR Muslim )

Di Hadits yang lain, Rosulullah SAW bersabda:
“Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun ( ke langit dunia ) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman : “ Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.” ( HR Bukhari dan Muslim )

Waktu Pelaksanaan Sholat Tahajud
Sholat Tahajud harus dilaksanakan setelah tidur. Meskipun waktu pelaksanaanya ditetapkan sejak waktu isya’ hingga shubuh, waktu yang afdhal (waktu utama) untuk melaksanakannya adalah;

1. Sangat utama : 1/3 malam pertama ( Ba’da Isya – 22.00 )
2. Lebih utama : 1/3 malam kedua ( pukul 22.00 – 01.00 )
3. Paling utama : 1/3 malam terakhir ( pukul 01.00 – Subuh )

Abu Muslim bertanya kepada Abu Dzar : “ Diwaktu manakah yang lebih utama kita mengerjakan sholat malam?” Abu Dzar menjawab : “Aku telah bertanya kepada Rosulullah SAW sebagaimana engkau tanyakan kepadaku ini.” Rosulullah SAW bersabda :“Perut malam yang masih tinggal adalah 1/3 yang akhir. Sayangnya sedikit sekali orang yang melaksanakannya.” (HR Ahmad)

Jadi waktu yang paling afdhal sehingga keinginan atau do’a kita ijabah (dikabulkan) adalah 1/3 malam yang terakhir.

Jumlah Raka’at dalam Shalat Tahajud
Raka’at dalam shalat malam (Tahajud) tidak dibatasi jumlahnya, tetapi paling sedikit dilaksanakan dalam 2 ( dua ) raka’at. Adapun jumlah yang paling utama adalah 11 ( sebelas ) raka’at atau 13 ( tiga belas ) raka’at, dengan 2 ( dua ) raka’at shalat Iftitah.

Tata cara (Kaifiat) mengerjakannya yang baik adalah setiap 2 ( dua ) rakaat diakhiri satu salam. Sebagaimana diterangkan oleh Rosulullah SAW :“ Shalat malam itu, dua-dua.” ( HR Ahmad, Bukhari dan Muslim )

Menurut keterangan Said Ibnu Yazid, Nabi Muhammad SAW melaksanakan shalat malam 13 raka’at dengan tata cara sebagai berikut :
1) 2 raka’at shalat Iftitah.
2) 8 raka’at shalat Tahajud.
3) 3 raka’at shalat witir.

Adapun surat yang dibaca dalam shalat Tahajud adalah:
1. Pada raka’at pertama setelah surat Al-Fatihah, membaca Surat Al-Baqarah ayat 284-286.
2. Pada raka’at kedua setelah membaca surat Al-Fatihah, membaca surat Ali Imron 18-19 dan 26-27.

Apabila kita belum hafal surat-surat tersebut, maka boleh membaca surat yang lain yang sudah dihafal.

Categories : Seputar Shalat Tahajud


Trackbacks & Pingbacks

Comments
Rizka November 15, 2009

Saya mau nanya, apakah sholat tahajud harus dibarengi witir? Kalau iya, witirnya sesudah sholat tahajud berapa rakaat? Boleh tidak sebelum tidur mengerjakannya? Sorry kalo kebanyakan tanya ^_^v

Sasongko November 18, 2009

Pak ustad minta izinnya untuk dimuat dfb saya buat bacaan keluarga.

admin December 2, 2009

@Mbak Rizka: Sholat witir pada dasarnya adalah sholat penutup untuk seluruh shalat malam. Rasulullah SAW bersabda, “Jadikanlah sholatmu yang terakhir pada malam hari sholat witir (ganjil)”. (HR Muttafaq ‘alaihi). Sholat tahajud sebaiknya dilaksanakan setelah tidur, meskipun hanya tidur 5 menit. Sholat tahajud hendaknya diakhiri dengan sholat witir (menutup rangkaian sholat malam kita) yang dilaksanakan paling akhir, apabila setelah itu kita tidak melakukan sholat lagi. Demikian, semoga membantu.

@Mas Sasongko: Silahkan Mas. No copyright, boleh disebarluaskan. Terima kasih

rihki February 17, 2010

maaf mas saya mau tahu apabila kita baru sedikit hafalnya dan msh dalam pembelajaran apa boleh kita melakukan sholat karna bru hafal sedikit doanya?
mas klau boleh tolong bacaan surat2 dalam melaksanakan sholat tahajud mas………..

trimakasih mas………

MMOnline March 13, 2010

Alloh SWT tdk mempermasalahkan kita harus hafal atau belum. Pada dasarnya, surat atau ayat apapun boleh dibaca. Yang wajib dibaca adalah surat alfatikhah. Setelah selesai membaca alfatikhah, untuk lebih afdhal, memang kita disarankan untuk membaca ayat atau surat tertentu.
Silahkan klik surat albaqarah ayat 284-286 dan surat Ali Imron 18-19 dan 26-27.

halima April 13, 2010

saya mau tanya kalau sholat witir sama tidak mengerjakannya dgn sholat magrib. dan apa yg dimaksud dgn sholat iftitah.trimakasih atas penjelasannya

efri May 3, 2010

bolehkah selain albaqoroh dan al imron,untuk bacaan sholat tahajud

na May 5, 2010

pa ustadz,, saya mau tanya kalo sholat tahajudnya hanya 2 rakaat,, bearti sholat witirnya berpa rakaat ? jadi total keseluruhan sholat berpa rakaat? adakah bacaan khusus saat sholat witir ?

MMOnline May 6, 2010

Adapun surat yang dibaca dalam shalat Tahajud adalah:
1. Pada raka’at pertama setelah surat Al-Fatihah, membaca Surat Al-Baqarah ayat 284-286.
2. Pada raka’at kedua setelah membaca surat Al-Fatihah, membaca surat Ali Imron 18-19 dan 26-27.

Apabila kita belum hafal surat-surat tersebut, maka boleh membaca surat yang lain yang sudah dihafal.

MMOnline May 6, 2010

Shalat witir cukup satu raka’at saja. Untuk penjelasan tambahan tentang shalat Tahajud, silahkan download ini ya

septy May 21, 2010

aslmkm.. saya mo tanya,, saat kita mlaksanakan ruku’ dan sujud dlm sholat tahajud setelah mmbaca doa bacaannya masing-masing pakah wajib dibarengi dng bacaan tasbih??? klo iy,bacaan tasbih sperti apa yg lbih afdol??
trimakasih..

eko June 3, 2010

Assalamu’alaikum,

Yang dimaksud sholat Iftitah itu apa ?

Fajar June 12, 2010

Membaca jawaban2 dari MMOnline saya jadi tergerak untuk ikut menulis sekedar meluruskan, bukan karena jawabannya salah melainkan ingin menegaskan bahwa shalat tahajud itu sangat mudah sesuai petunjuk Rasulullah, berikut jawaban dari pertanyaan2 diatas :
1. Pada dasarnya shalat witir dikerjakan sebagai penutup shalat malam, namun jika khawatir tidak dapat bangun maka shalat witir boleh dikerjakan sebelum tidur. Khalifah Abu Bakar melakukan hal yang demikian. Kalau ternyata Allah memudahkan kita bangun pada malam hari padahal sudah witir maka cukup melakukan shalat malam (tahajud) saja tanpa witir kembali.
2. Rasulullah tidak pernah menentukan surat atau ayat yang khusus dibaca waktu shalat tahajud baik itu surat albaqarah atau ali imran, karena tidak ada satupun hadits sohih yang menunjukkan akan hal itu. Untuk shalat witir memang ada hadits yang meganjurkan membaca surat Al A’la pada rekaat pertama, Al Kafirun pada rekaat kedua dan Al Ikhlas pada rekaat ketiga.
3. Shalat tahajud berakaat genap (minimal 2) dan shalat witir berakaat ganjil (minimal 1), silakan melakukan shalat tahajud dan witir sesuai kemampuan dengan penuh kekhusukan. Shalat tahajud tidak dinilai dari banyaknya rekaat melainkan kekhusukan ketika mengerjakannya.
Semoga sedikit tambahan ini dapat membantu saudara2 kita yang sangat mendambakan Shalat tahajud.
Untuk lebih jelasnya silakan membaca buku2 yang saya tulis (insya Allah tersedia di toko gramedia)
1. Shalat tahajud bersama Aa’ Gym
2. Kiat khusyu’ Shalat Tahajud
3. Mukjizat Sepertiga Malam
4 Zikir dan Doa Shalat Tahajud
5. Tips dan Info seputar Tahajud
Untuk MMOnline terimakasih atas sedekah ilmunya semoga Allah selalu melimpahkan rahmat dan ridho-Nya, Amin

MMOnline June 15, 2010

Untuk sahabat kami’ Mas Fajar, terima kasih yang tak terhingga kami haturkan atas tulisan tambahannya. Tulisan tersebut tentu sangat melengkapi artikel yang kami tulis. Selanjutnya, untuk para pembaca MMOnline, jangan sungkan2 untuk mengkritik, mengomentari, menambah atau memberi saran kepada kami demi saling berbagi ilmu.

abdhi_ryu June 21, 2010

apakah tidur dulu baru bangun dan sholat isya disertai tahajud atau
sholat isya kemudian tidur lalu bangun dan sholat tahajud.
Mohon jawabannya. wassalam

Iqbal July 2, 2010

Assalamualaikum,

Mau tanya dunk..

Diatas ada Sholat Iftitah ? Itu Sholat apa ?

Lalu, apakah boleh dalam Tahajjud membaca Surat apapun atau harus Al-Baqarah seperti diatas ??

Terima kasih.

Wassalamualaikum.

anna July 22, 2010

Asalamualaikum
klo miisalnya kita mau melaksanakan sholat tahajud dan sholat hajat mana yng lbh dlu ? dan bagaiman cara melaksanaknnya ? misalnya sholat hajat dl trz dilanjutkan shalat tahajud setelah itu baru sholat witir atau bagaimana ? Mohon penjelasannya . terimakasih

anna July 23, 2010

Asalamualaikum
klo miisalnya kita mau melaksanakan sholat tahajud dan sholat hajat mana yng lbh dlu ? dan bagaiman cara melaksanaknnya ? misalnya sholat hajat dl trz dilanjutkan shalat tahajud setelah itu baru sholat witir atau bagaimana ? Mohon penjelasannya . terimakasih

sarah July 24, 2010

pak ustadz, bgaimana dngan bacaan niat sholat tahajud?
mohon jawabanny karena saya masih blum memahami
trimakasih

ibnu yusuf August 27, 2010

tata cara shalat tahajud dan ayat ayat yang dibaca dalam pelaksananaan shalat tahajut ]

andre September 2, 2010

maz mau tanya jika melakukan sholat tahajud langsung 4 rakaat gmn tata caranya?
thanks

abdhi_ryu September 3, 2010

nanya ustadz, apa benar kalo mau sholat tahajud, kan harus tidur dulu dan sebelum tidur harus sholat isya dulu. Gmn kalo sholat isya nya sesudah tidur dan sebelum sholat tahajud apa boleh????? wassalam

Nurdin September 13, 2010

Assalamualaikum…
Maaf, saya mau tanya. Apakah sudah dikatan tidur jika sesudah tidur belum melaksanakan sholat isya. Maksud saya, sesudah tidur melaksanakan sholat isya kemudian diteruskan dengan sholat tahajjud.

rus September 23, 2010

ass..pa ustad mau tanya nich..berapa rokaat sholat tahajud kalau tanpa witir?terima kasih m0h0n bantuan nya..wasalam

ulung October 14, 2010

Assalamualaikum,
saya bingung, Niat shalat iftitah gimana.??
Tlg di perjelas ,

kuspriyanto October 19, 2010

bagaimana caranya mengerjakan shalat tahajut yg baik & bnar trus bacaan zdikirnya gimana yaaa tnks infonya

Nita November 9, 2010

Ass.. Mau nanya kalau setelah sholat tahajud apakah di wajibkan untuk membaca doa2 seperti yang sering tercantum dlam buku-buku panduan sholat tahajud. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih. Wassalam

deewhy November 15, 2010

af1 ustadz..ana mau tanya..kalo sholat tahajud tu pake doa iftitah ga ?????
coz’ ada temen yang bilang kalo sholat sunnah tu ga usah pake doa iftitah ..????
tolong dijawab…

herahadi January 1, 2011

kalau 1 rakaat witir itu wajib atau tidak?
kemudian, bolehkah solat tahajud itu berjamaah?

Rendy January 5, 2011

Assalamualaikum…saya mau nanya shalat 8 rakaat tahajud itu 4 rakaat 4 rakaat atau sekaligus 8 rakaat? terimakasih Wassalamualaikum…

fajriana January 27, 2011

ass…..
ustad saya mw nanya.. kalau melaksanakan shalat tahajud tanpa melaksanakam shalat witir dan iftitah kira-kira shalat tahajudnya sah atau tidak??
trss kalau salat tahajudnya dikerjakan sesuai rencana gimana?? maksudnya gini.. aku jadiin alaram dihp pas jam 1 baru aku shalat kira-kira boleh nga?? maaf yah klw pertanyaannya panjang!! truss jwbannya boleh nga’ diikirim ke e-mailnya aku. nih e-mailnya : rhy_al@ymail.com.. boleh ya..

Syamsul February 20, 2011

AKHIR-AKHIR INI SAYA SERING MELAKSANAKAN SHALAT ISHA PADA TENGAH MALAM TUJUAN SAYA AGAR SEKALIAN DAPAT MELAKSANAKAN SHALAT TAHAJJUD SEKALIAN
APA HUKUMNYA SAYA MELAKSANAKAN SHALAT ISHA TERSEBUT

MOHON UNTUK DIJAWAB

agung February 21, 2011

askum..
q mw tnyak???
lw setelah mngrjakan sholat tahajud gk mngrjakan sholat witir apa sah sholatnya???

tri rahamandani February 24, 2011

Assalamu’alaikum wr. wb.
pak ustad, saya minta izin copas artikel, agar lebih bermanfaat.
terimakasih.

Andi Ismail February 25, 2011

apakah sessudah salat tahajjud kita harus berzikir atau gimna?

bella March 6, 2011

assalamu alaikum wr.w

bella March 6, 2011

assalamu alaikum wr.wb
pak ustad,mau tanya , kalau solat tahajud apa harus membaca surat albaqarah dan al imran ?

Yaser Arafat March 7, 2011

Pak saya mau nanya, tadi malam saya sholat tahajjud, tapi saya gak tau bacaan iftitah dan tata cara witir, jadi pertanyaan saya, bolehkah sholat tahajjud tanpa iftitah dan witir, mohon balas ke email saya.. Terimakasih

irul March 8, 2011

ass.wr.wbb.pa ustad mau tanya bagaimana kalau kita mengerjakan sholat hajat dikerjakan habis sholat isya itu bagaiman ya ustad dan nanti malam ya biar bisa mengejakan sholat tahajud

ayi November 21, 2011

ass.tolong saya minta bacaan sholat tahajid yang brnar pa ustad……….

mohammad mukti sonhaj December 6, 2011

Salam… Alhamdulillah, meskipun saya kurang lancar baca Al Qur`an tp ada beberapa surat yang aku bisa hafal diluar kepala (10 surat pendek). dan dengan modal itu saya nekad bertahajud dan berdhuha tanpa berfikir afdhol dan kesempurnaan….. yang penting bagi saya adalah mendekatiNYA bagaimanapun caranya….
Ustadz, mohon petunjuk ber-dzikir , bacaan apa saja yang harus dibaca utk dzikir…

Erna January 6, 2012

maf,,,,klo shlat malamnya cuma dua rakaat shlat tahajjud dan 3 or satu rakaat shlat witir ,, gmna ??? bole ???

abdul January 28, 2012

gimana cara sholat hajat empat rakaat tanpa salam dan sekali duduk

tira ivelina February 7, 2012

pa uztad say tira brumur 11 tahun saya ingin skali shalat tahud tapi saya tidak tau bacaan nya apa kah saya boleh membaca surat al fatihah dan an’nas di rakaat pertama dan yg raka’at ke 2 pun sama juga alfatihah dan an’nas
apakah boleh

dan juga saya ingin nanya bahwa shalat tahajud jam 1 subuh
sampai jam brp ?

MMOnline February 9, 2012

wah, umur 11 thn sudah mulai rajin. To the point aja ya, Shalat Tahajud adalah shalat sunat yang dikerjakan pada waktu malam, dimulai selepas isya sampai menjelang subuh. Jumlah rakaat pada shalat ini tidak terbatas, mulai dari 2 rakaat, 4, dan seterusnya.

Pembagian Keutamaan Waktu Shalat Tahajud

- Sepertiga malam, kira-kira mulai dari jam 19.00 samapai jam 22.00
- Sepertiga kedua, kira-kira mulai dari jam 22.00 sampai dengan jam 01.00
- Sepertiga ketiga, kira-kira dari jam 01.00 sampai dengan masuknya waktu subuh.
Untuk detil bacaan dalam shalat Tahajud, silahkan lihat di sini

Jhuniarty February 16, 2012

Assalamuallaikum wr.wb
pak ustadz, tlong jelaskan lgi bgaimna cra shlat tahajud yg sbenar nya…..saya blum mngerti pak ttg pnjlasan di atas tdii……trimakasih
Wassalamuallaikum wr.wb

dahri doank March 4, 2012

assalam mualaikum pak ustad………sy mau tanya nih,,,,gimana kalo kita gak tidur alias begadang gitu trus kita langsung aja kerjakan sholat tahajud, apakah allah swt akan menerima sholat kita itu ? dalam artian sah apa tidak shalat yang kita kerjakan itu tanpa harus terbangun dari tidur ? terima kasih pak ustad jawabannya sangat saya harapkan mengingat saya suka melaksanakan shalat tahajud tanpa tidur terlebih dahulu…semoga allah,swt merahmati kita semua.amin

doddi March 16, 2012

ass kum**setiap muslim trmasuk sya ingin khusu saat mlksnakan ibadah sholat,trmsuk saat mnunaikan tahajud.cara sya sndiri dgn memejamkan mata dan konsentrasi penuh.#bgmana hukumnya? Trmakasih wasalam.

PUJI RIAWAN March 23, 2012

assalamu’alaikum wr.wb
pak ustd saya mo tanya,apakah sholat tahajud diawali dengan shalat iftitah? Kalo gx gmana?apakah sah?

Kalo bisa jawaban.a dikirim ke email aj yahk

Fawwaz D A April 15, 2012

Bagaimana shalat iftitah itu? Apakah perlu di lakukan sebelum salat tahajud?

robiah siru May 8, 2012

saya sering melaksanakan sholat tahajud {8 rokaat} tanpa sholat iftitah dan sholat witir.{ karna tdk tahu}
apakah tahajud saya sah pak ustad? jwbnnya tlng dkrm ke email sy,trmksh…

Aldy Ramdani May 27, 2012

assalamu’alaikum ..

pak ustad, saya mau tanya, apakah sholat tahajud itu dikerjakan harus setelah tidur ya, kalo misalkan kita tidak bisa tidur terus melakukan sholat tahajud apa hukumnya??

mohon di bales
wassalamu’alaikum ..

Yuni July 11, 2012

Asslm.
Pak, untuk shalat tahajud, bolehkan dibangunkan orang lain misalnya suami atau istri, ataukah kita harus bangun sendiri?

Apa benar dalam beribadah tahajud harus diam-diam?

Sangat mohon penjelasan Bapak

Wass

marinah September 14, 2012

Asslmualaikum..!
pak ustad jika kita mengerjakan shalat isya dilanjutkan dengan shalat tarawihpada tengah malam lalu kita ingin shalat tahajud apakah kita harus tidur dahulu ataw tidak usah jika kita ingin melaksanakan shalat tahajud pada tengah malam itu?

Yulli October 3, 2012

Pak ustad, shalat iftitah itu apa?. Dlm shlat sunah(dhuha/tahajud) itu sebenarnya ada bacaan doa iftitah atau tidak? Mohon jawaban d kirim via e mail tsb. Ma ksh…

Rudy Syahputra October 27, 2012

saya pria berusia 40 tahun, saya pengin dikirimkan lewat email saya tata cara dan pelaksanaan sholat-sholat sunat. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

P Subagyo November 29, 2012

Terimakasih informasinya, insya Allah dapat membantu peningkatan ibadah kami sekeluarga, Allah Swt membalas amalan yang berlipat ganda atas kebaikan Anda, Amin;

Tuty.winter December 12, 2012

Assalamualaikum wr wb

pak saya ingin bertanya tentang sholat, saya belajar di indonesia sama ibu

yg tidak bisa melihat atau buta, semejak itu saya bisa nya hanya hafalan

belum pernah bisa membaca ayat2 Alquran. yg saya masih ingat membaca

ayat kulauju birobbinas dan kulaujubrinas kulhowaulloh huahad. apa kah itu

afdol.dan saya banyak yg lupa, mengenain zikir baca nya apa saja itu

yg saya ingin belajar kan, pak maaf sebelum nya jika saya salah menulis

bahasa indonesia saya sudah 32 thn di Nederland ,niat 2 saya ingin belajar

insya Allah bapak bisa tolong saya dan jelaskan ..terimakasih bayak

sebelum nya.. wassalam wr wb

Rima June 20, 2013

Kalo untk niat sholat iftitah itu bagaimana?

Silahkan tulis Kesan,Pesan atau Pertanyaan Anda di box bawah ini: